Posted by: zerofreedom | September 30, 2009

Gempa Pariaman 30 september 2009

pariaman pada hari ini tanggal 30 september telah terjadi Gempa yang lumayan besar yaitu 7,6 skala Richter di Sumatra Barat. menurut pakar Gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Danny Hilman Natawidjaja, sangat berbahaya karena dekatnya pusat gempa dengan daratan, namun tidak ada kaitannya dengan gempa di Samudera Pasifik tadi pagi.

“Gempa itu cukup besar dan berbahaya karena dekat sekali, di bawah Padang,” kata Danny Hilman. Getaran gempa itu juga dirasakan di Pekanbaru, Sumatera Utara, Bengkulu, hingga Palembang. Danny mengatakan gempa itu sama seklai tidak ada hubungannya dengan gempa di Samudera Pasifik dini hari tadi.

Danny mengatakan perkiraan sementara dari dampak gempa itu adalah gedung-gedung di kota Padang terutama yang tinggi bisa rusak akibat gempa itu. Namun kekuatan gempa itu menurut Danny belum mencapai skala yang potensial diperkirakan bisa terjadi di kawasan itu

Gempa mengguncang pukul 17:16 dengan pusat gempa hanya berjarak 57 kilometer di sebelah barat daya Pariaman, peringatan bahaya tsunami sempat dikeluarkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Dadang Pramana, mengatakan, gempa tersebut terjadi pada titik koordinat 0,84 lintang selatan (LS) dan 99,65 bujur timur (BT). Gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

gempa itu tidak hanya terasa di pariaman, sumatra barat tetapi dirasakan hingga batam dan singapura. Dan daerah sumatra lainya yaitu Aceh, Jambi, Riau, Bengkulu dan Sumatra Utara.


Responses

  1. Pada pukul 17:16 waktu iIndonesia dan pukul 18:35 waktu Malaysia, saya sempat merasakan goyangannya. saya tinggal dihotel dikawasan Tebrau Johor Bahru, waktu badan saya terasa oyong kiri kanan saya kira saya pusing mungkin kurang tidur,..lalu saya matikan AC saya lihat tirai jendela bergoyang,..saya berpikir ada apa ini,…lalu saya pastikan melihat tiang bendera dekat kolam renang juga goyang kiri kanan,..lalu saya telpon front office kenapa hotel ini kok goyang2,..lalu mereka bilang mungkin gempa dan saya keluar hotel,..juga saya lihat orang2 udah diluar,….terus saya telpon Batam,..istri saya bilang tidak terasa di Batam,..dan istri saya mendapatkan sms dari anak kami yang sekarang kuliah di Padang,..katanya asrama tempat anak saya kost gedungnya retak2 dan anak saya terpaksa malam ini harus tidur ditenda,….saya masih mencari info,….di televisi Malaysia juga keluar berita gempa dari luar negeri dan juga Indonesia,…semoga semua selamat itu harapan saya,….amin….

  2. […] Gempa Pariaman 30 september 2009 […]

  3. saat nya kita kembali kepadanya,,,,,,,,,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: